Gambar anatomi kulit

Sebuah serat saraf seringkali bercabang-cabang banyak dan mungkin berjalan ke permukaan, sehingga hampir mencapai stratum korneum. Sebum tersebut merupakan campuran dari trigliserida, kolesterol, protein, dan elektrolig. Lapisan ini tampak paling jelas pada kulit telapak tangan dan telapak kaki.

Pertumbuhan rambut janggut berlangsung paling cepat dan kecepatan pertumbuhan rambut ini diikuti oleh rambut pada kulit kepala, aksila, paha serta alis mata. Untuk sel lemak pada subdermis, sel lemak dipisahkan oleh trabekula yang fibrosa.

Sifat-sifat anatomis yang khas, berhubungan erat dengan tuntutan-tuntutan faali yang berbeda di masing-masing daerah tubuh, seperti halnya kulit di telapak tangan, telapak kaki, kelopak mata, ketiak dan bagian lainnya merupakan pencerminan penyesuaiannya kepad fungsinya masing - masing.

Enzim melanosum dibentuk oleh alat golgi dengan bantuan tirosinase, ion Cu, dan O2 terhadap sinar matahari memengaruhi melanosum.

Lapisan ini sangat tampak jelas pada telapak tangan dan telapak kaki. Stratum korneum Stratum korneum adalah lapisan yang tipis, datar seperti sisik yang terus dilepaskan dan merupakan lapisan terluar epidermis. Anatomi rambut penting diketahui terutama bagi ahli kecantikan, supaya tidak salah dalam memilih kosmetika rambut.

Otot arektor pili adalah pita tipis otot polos yang berhubungan dengan folikel rambut. Juga merupakan lapisan keratinosit terluar yang tersusun atas beberapa lapis sel-sel gepeng yang mati dan tidak berinti. Pada daerah kulit terdapat juga kelenjar keringat.

Struktur Kulit – Pengertian, Anatomi, Gambar dan Fungsinya

Keratinosit, lapisan eksternal kulit tersusun atas keratinosit zat tanduk dan lapisan ini akan berganti setiap minggu sekali.

Latar Belakang Dalam dunia farmasi, kulit merupakan salah satu hal yang penting untuk dipelajari, karena banyak hubungan antara anatomi kulit dengan bidang-bidang kesehatan. Terkecuali pada telapak tangan dan telapak kaki, kelenjar palit terdapat di semua bagian tubuh terutama pada bagian muka.

Stratum papilare, yang merupakan bagian utama dari papila dermis, terdiri atas jaringan ikat longgar. Sebum yang berminyak dari kelenjar sebasea mencegah kulit dan rambut dari kekeringan serta mengandung zat bakterisid yang berfungsi membunuh bakteri di permukaan kulit.

Lapisan subkutan adalah kelanjutan dari lapisan dermis, terdiri atas jaringan ikat longgar berisi sel-sel lemak di dalamnya. Rambut normal dan sehat berkilat, elastis, tidak mudah patah, dan elastis. Fungsi ekskresi Kulit juga berfungsi dalam ekskresi dengan perantaraan dua kelenjar eksokrinnya, yaitu kelenjar sebasea dan kelenjar keringat: Kolagen bekerja bersama serabut protein lainnya yang dinamakan elastin yang memberikan elastisitas pada kulit.

Lapisan ini merupakan lapisan terluar dimana eleidin berubah menjadi keratin yang tersusun tidak teratur sedangkan serabut elastis dan retikulernya lebih sedikit sel-sel saling melekat erat.

Dermis juga tersusun dari pembuluh darah dan limfe, serabut sarafkelenjar keringat dan sebasea, serta akar rambut.

Pada epidermis tidak terdapat pembuluh darah dan sel saraf. Ujung saraf tersebut yaitu sebagai berikut: Terdiri atas serabut-serabut penunjang kolagen, elastin, retikulinmatiks cairan kental asam hialuronat dan kondroitin sulfat serta fibroblas.

Kulit mengandung ujung-ujung saraf sensorik di dermis dan subkutis. Pemberian vit D sistemik masih tetap diperlukan.

1 Anatomi Dan Fisiologi Kulit

Gambar anatomi kulit letak lapisan ini makin jauh dari aliran darah maka sedkit saja pembuluh darah yang ada di lapisan dermis mengalami gangguan aliran darah, maka akan sangat mempengaruhi lapisan ini, sehingga sel kulit di lapisan ini akan menjadi semakin pipih dan mati sebelum waktunya, itulah yang menyebabkan kondisi kulit kita terlihat kusam dan tidak sehat, bila aliran darah kepermukaan kulit tidak lancar, padahal sering sekali pada kenyataannya pembuluh kapiler darah di lapisan dermis yang memberi nutisi pada kulit mudah sekali mengalami hambatan dan gangguan salah satunya disebabkan oleh diding pembuluh kapiler dan struktur jaringan kolagen di lapisan dermis tidak adekuat, hal itu juga yang menyebabkan mengapa walaupun sudah mencuci muka dengan bersih tapi wajah tidak terlihat bersinar.Gambar struktur kulit dapat dilihat pada gambar 1 berikut ini.

Secara histologis kulit tersusun atas tiga lapisan utama yaitu lapisan epidermis, lapisan dermis, dan lapisan subkutan. Tidak ada garis tegas yang memisahkan lapisan dermis dan subkutan. Sistem integumen: Sistem integumen (Kulit) merupakan organ tubuh paling besar yang melapisi seluruh bagian tubuh, membungkus daging dan organ-organ yang ada di tubuh manusia ataupun hewan.

Kulit tersusun atas tiga lapisan, yaitu lapisan kulit terluar biasa disebut lapisan ari atau epidermis, di bawah lapisan ari adalah lapisan jangat atau dermis, dan lapisan terdalam dari kulit adalah lapisan lemak atau hypodermis. Secara skematik, susunan dan anatomi kulit dapat dilihat pada gambar dibawah.

Anatomi Kulit. Lapisan Kulit Epidermis. 2 Anatomi Kulit 2 lapisan: Epidermis Dermis Disamping lapisan tersebut terdapat jaringan subkutis Minggu, 23 Desember 3 Semua kulit secara anatomi terdiri dari 3 lapisan diatas, tetapi masing-masing mempunyai ketebalan yang berbeda.

· Struktur Kulit – Pengertian, Anatomi, Gambar dan Fungsinya Pengertian Kulit vsfmorocco.com – Kulit merupakan ”selimut” yang menutupi permukaan tubuh dan memiliki fungsi utama sebagai pelindung dari berbagai macam gangguan dan rangsangan luar.5/5(3).

anatomi fisiologi kulit Kulit merupakan organ tubuh yang terletak paling luar dan merupakan proteksi terhadap organ-organ yang terdapat dibawahnya dan membangun sebuah barrier yang memisahkan organ-organ internal dengan lingkungan luar dan turut berpartisipasi dalam banyak fungsi tubuh yang vital.

Gambar anatomi kulit
Rated 0/5 based on 62 review